Minggu, 26 Oktober 2008

Test the best Antivirus 2008

Test Antivirus terbaik 2008


Setelah pada Quarter pertama tahun 2008, Av-test.org mengeluarkan hasil test berbagai antivirus populer (Antivirus Terbaik Tahun 2008), kali ini AV-test.org kembali mengeluarkan hasil Test 35 Antivirus, sebagian mencakup produk antivirus terbaik 2008 dan 2009. Test ini mencakup : detection rate dari berbagai malware, false positive test, kecepatan scan, proactive detection dan waktu respon dengan virus baru.

Platform dan Sample Virus

Test kali ini menggunakan sample sebanyak 1.164.662 mallware/virus dan 94.291 adware/spyware. Test dilakukan pada sistem operasi Windows XP SP3 English, dengan update masing-masing antivirus terakhir tanggal 18 Agustus 2008. Sample meliputi Trojan Horse, backdoors, bot, worm dan virus.

False Positive Test

Selain dengan sample tersebut, untuk mengetest kesalahan mendeteksi, maka digunakan sample sebanyak sekitar 2.500.000 file, mencakup file windows, office, produk umum, driver, juga berbagai software ( Top 100 software) yang di download dari berbagai situs. Jika antivirus /produk tidak menunjukkan kesalahan (false positive) maka akan diberi rating ++ (very good)

Penilaian Test

Hasil analisa menggunakan 5 nilai, mulai dari sangat bagus (very good/++) jika scanner mendeteksi lebih dari 98% sample, sampai sangat kurang (poor/–) jika kemampuan mendeteksi kurang dari 85%. Seperti sebelumnya.

Tentang aspek-aspek lain yang digunakan untuk mengetest berbaga antivirus/produk ini, bisa melihat selengkapnya berbagai situs referensi dibagian bawah artikel ini

Hasil test selengkapnya
1. Hasil Kemampuan mendeteksi Malware

Dari sample sebanyak 1.164.662 malware (Trojan Horse, backdoors, bot, worm dan virus), hasilnya dapat dilihat pada table berikut :

Catatan

  1. GData IS 2008 / AVK 2008 menggunakan Scan Engine Avast dan Kaspersky
  2. GData IS 2009 / AVK 2009 menggunakan Scan Engine Avast dan BitDefender
  3. WebWasher menggunakan engine Avira dan heuristic engine yang dikembangkan sendiri

2. Kemampuan mendeteksi adware dan spyware

Pada test ini digunakan sample adware dan spyware sebanyak 94.291, dan hasilnya seperti terlihat pada tabel berikut :

Catatan :

Avira dan AVG Free (personal) edition tidak menyertakan deteksi adware dan spyware, sehingga jika ditampilkan hasilnya akan “-” / “–”

3. False Positive test, speed test, Proactive detection dan Respond Time

False Positive test merupakan test kesalahan mendeteksi file. Speed test merupakan kecepatan scan dari antivirus/produk yang bersangkutan. Proactive detection merupakan test virus/malware yang belum dimasukkan ( belum dikenal) dalam database antivirus, sedangkan Respond time merupakan test berapa lama waktu yang diperlukan sebuah antivirus mengupdate dirinya, dengan munculnya virus baru. hasilnya sebagai berikut :

4. Perbandingan Jumlah Update

Berikut tabel perbandingan jumlah update selama 4 minggu terakhir 9 Periode 1 sampai 28 Agustus 2008. Perlu dicatat bahwa semakin banyak jumlah update tidak selalu berarti lebih baik, tetapi artinya update akan berlangsung lebih sering. Misalnya Norton IS 2009 akan update setiap 4-10 menit sekali.

Kesimpulan

Secara umum, dari hasil test secara keseluruhan, yang menempati peringkat pertama adalah GDATA’s AVK 2009, kemudian runner up adalah Avira’s Premium Security Suite 2008 dan ketiga adalah F-Secure 2009. Tetapi jika melihat beberapa test, maka tidak mutlak seperti itu, misalnya jika ingin mengetahui perbandingan mendeteksi virus saja, bisa dilihat tabel pertama. Untuk kemampuan mendeteksi adware / spyware, bisa dilihat tabel kedua dan seterusnya.

Di sebagian besar kasus, hasil test produk yang berbeda tidak banyak berubah dibanding test sebelumnya, dan semua produk versi 2009 yang telah di review mempunyai hasil yang lebih baik daripada yang sebelumnya. Produk edisi 2009 juga mengalami peningkatan kecepatan scan dibanding sebelumnya, sehingga performance semakin membaik.

Produk dengan rating terbaik di setiap kategori mencakup Avira premium suite ( versi gratis avira dan AVG tidak sepenuhnya menyertakan fasilitas deteksi adware/spyware, sehingga deteksi spyware kurang dari 15% ), AVK 2009, F-Secure 2009 suite, Symantec Norton Internet Security 2009 (masih versi beta) dan Sophos’s Security Suite 2.5. Produk tersebut masuk ke dalam hasil yang baik atau lebih baik minimal di satu kategori pengetesan.

Free Antivirus Terbaik

Jika hanya melihat kemampuan mendeteksi virus ( karena versi free biasanya deteksi adware/spyware diabaikai), maka dari data diatas dapat diurutkan antivirus gratis terbaik adalah sebagai berikut :

  1. Avira
  2. Avast
  3. BitDefender
  4. AVG 8.0
  5. ClamWin
  6. Rising Antivirus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nyuwun komentar... . .

za.IPAN's Blog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute