Minggu, 07 November 2010

PCE-10-04_KEYBOARD (Tugas Kelompok)

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer.

cara kerja : user mengetikkan tombol angka / huruf pada keyboard, cpu akan memproses dan menampilkannya di monitor. atau secara sistemnya dapat dikatakan
- Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per (pegas) yang ada dibawahnya akan menekan logam yang ada dibawahnya, dan menyebabkan arus listrik bisa mengalir melewatinya
- Arus ini kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor. Pada chip ini terdapat pelbagai alamat sehingga bisa diketahui, tombol mana yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut.
- Pada saat yang sama, keyboard microprocessor juga meneruskan informasi yang ada ke-Interupt Contoller. Dari interupt controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima oleh CPU agar informasi yang bersangkutan dapat ditampilkan pada layar monitor

Jenis Keyboard menurut Konektornya :
1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

3. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat


Jenis keyboard menurut layoutnya :

DVORAK
The Dvorak Simplified Keyboard adalah sebuah layout keyboard yang dipatenkan pada tahun 1936 oleh Dr Agustus Dvorak dan saudaranya, Dr William Dealey. Selama bertahun-tahun sedikit variasi beberapa dirancang oleh tim yang dipimpin oleh Dvorak atau oleh ANSI. Variasi ini telah secara kolektif maupun individual juga disebut Keyboard Sederhana atau Amerika Sederhana Keyboard tetapi mereka semua datang untuk secara umum dikenal sebagai keyboard Dvorak atau tata letak Dvorak. Dvorak pendukung klaim tata letak Dvorak menggunakan gerakan jari kurang, meningkatkan tingkat mengetik, dan mengurangi kesalahan dibandingkan dengan standar QWERTY keyboard. Penurunan ini jarak tempuh jari pada awalnya diakui untuk memungkinkan tingkat lebih cepat mengetik, tetapi dalam tahun kemudian juga diakui untuk mengurangi cedera berulang-strain, termasuk carpal tunnel syndrome.
Meskipun Sederhana Dvorak Keyboard ("DSK") telah gagal untuk menggantikan keyboard QWERTY, telah menjadi lebih mudah untuk mengakses pada umur komputer, yang disertakan dengan semua sistem operasi utama (seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan BSD) di samping tata letak QWERTY standar. Sebagian besar sistem operasi besar memiliki pilihan untuk berpindah ke tata letak Dvorak Hal ini juga didukung pada tingkat hardware oleh beberapa keyboard ergonomis high-end
Contoh keyboard Dvorak

AZERTY
AZERTY adalah layout khusus untuk karakter abjad Latin pada tombol mesin tik dan keyboard komputer. Sebuah keyboard AZERTY adalah keyboard alfanumerik yang tombol ditandai sesuai dengan tata letak AZERTY. Tata letak mengambil nama dari enam huruf pertama yang muncul pada baris pertama dari kunci abjad. Seperti tata letak QWERTZ Jerman, itu adalah model tata letak QWERTY Inggris, dan digunakan oleh penutur Perancis yang berbasis di Eropa, meskipun Perancis dan Belgia masing-masing memiliki variasi sendiri nasional pada layout dasar. Sebagian besar penduduk Quebec, provinsi berbahasa Perancis Kanada, menggunakan keyboard QWERTY yang telah disesuaikan dengan bahasa Perancis, meskipun pemerintah Quebec dan pemerintah federal Kanada menetapkan dan menggunakan Multilingual Standard keyboard .
Sistem AZERTY sering dikritik karena tidak memungkinkan akses yang mudah ke karakter tambahan yang diperlukan dalam bahasa Prancis, tetapi ini tidak terlalu terkait dengan tata letak sebenarnya kunci dibandingkan dengan sistem operasi dan driver yang digunakan. Sangat mungkin untuk menggunakan driver yang memungkinkan akses cepat ke huruf tambahan yang diperlukan.
Layout bersaing diciptakan untuk Prancis (tata letak ZHJAYSCPG diajukan pada tahun 1907, 1976 layout Claude Marsan itu, tahun 2002 Dvorak-fr dan tahun 2005 tata letak B├ępo) telah memenangkan hanya pengakuan yang terbatas, meskipun lebih cocok untuk tugas memasukkan dalam bahasa itu.
Contoh Keyboard Azerty


QWERTY
QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini).


Fungsi tombol Keyboard
1. Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

2. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
Perkembangan keyboard terbaru ( Keyboard Hologram / Virtual)

Keyboard virtual
• keyboard virtual adalah salah satu fitur untuk program komputer atau program itu sendiri yang dapat berperan virtual sebagai kontrol, dengan beberapa tombol atau tuts yang ada pada keyboard biasa.
• Dalam dunia PC desktop, program windows XP, keyboard virtual atau yang disebut juga On-Screen Keyboard, bekerja secara virtual bukan hanya sebagai keyboard, melainkan juga sebagai mouse.


Cara Kerja Keyboard Virtual
1. Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan.
2. Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboard virtual.
3. Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secara bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung ke proyektor.
4. Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
5. Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah.
6. Chip dari sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam koordinat.
7. Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar, dengan menggunakan koordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nyuwun komentar... . .

za.IPAN's Blog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute