Sabtu, 30 Oktober 2010

PCE10-04_CPU-Z

Processor
Processor atau lebih dikenal dengan Central Processing Unit merupakan otaknya komputer. Fungsi Processor adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama (main memory) dengan cara mengambil instruksi, menguji instruksi tersebut.

name: Menjelaskan nama dari prosessor tersebut

code name: merupakan kode produk tiap- tiap jenis prosessor. seperti pada processor core i3, i5, i7

package: berisi tentang jenis soket yang digunakan di motherboard

technologi: menujukkan jenis resistor yang digunakan. semakin kecil maka kalor yang dihasil makin kecil pula.

spesifikasi: menunjukan dari kecepatan tipe - tipe tiap prosesor dalam satuan Hz.

family: kelompok yang telah diikuti oleh model / jenis prosessor.

Instruction ; tentang intruksi yang diberikan pada processor
  • MMX kependakan dari Multi Media Extension
  • SSE kependekan dari Streaming SIMD Extension
  • SSE2 kependekan dari Streaming SIMD Extension 2
  • SSE3 kependekan dari Streaming SIMD Extension 3
  • EM64T Kependekan dari Extended Memory 64 Technology


Clocks
Core Speed : kecepatan di salah satu core.

Multiplier: Penggandaan Biner
Angka multiplier bekerjasama dengan bus speed menentukan berapa cepat sebuah CPU dijalankan. Multiplier 4.5 dipasangkan dengan prosesor pada
bus speed 100 MHz akan menghasilkan kecepatan CPU 450 MHz (4.5 x 100). Hampir seluruh prosesor baru keluaran Intel sudah dikunci pada
multipliernya sehingga hanya bisa dijalankan pada multiplier tertentu. Bus speed merupakan ukuran yang independen dan dapat diubah-ubah
sehingga 4.5x100 dan 4.5x103 akan menghasilkan sebuah CPU yang berjalan pada kecepatan yang berbeda (dengan catatan CPU tersebut sanggup dijalankan pada kecepatan tersebut).

Bus Speed : kecepatan trensfer data dari CPU ke RAM
Kecepatan Bus. Jumlah alur yang mampu dilaksanakan oleh sebuah pemproses dalam masa second. Satuan waktu ini diukur dalam unit juta arahan second yang disebut juga sebagai megahertz (MHz) atau juta kitaran second.

Qpi Link : muatan yang di tampung bus speed


Cache
Cache: tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara.
Sebuah CPU cache adalah cache yang digunakan oleh unit pengolah pusat dari sebuah komputer untuk mengurangi waktu rata-rata untuk mengakses

memori . The cache is a smaller, faster memory which stores copies of the data from the most frequently used main memory locations. Cache adalah,

lebih cepat memori yang lebih kecil yang menyimpan salinan data dari yang paling sering digunakan memori utama lokasi. Selama mengakses memori sebagian besar lokasi cache memori, rata-rata latency dari pengaksesan memori akan lebih dekat dengan latency cache daripada latency dari memori utama.

L1 Cache : Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.

L2 Cache: dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor. fungsinya sama dengan L1 Cache.

Cache memori ada tiga level yaitu L1,L2 dan L3.

Cache memori level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan

harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.

Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1. Cache L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal.

cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nyuwun komentar... . .

za.IPAN's Blog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute