Minggu, 07 November 2010

PCE-10-04_Printer

printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak data di kertas, baik teks maupun gambar

Printer Dot matriks : printer yang menggunakan head 9 dan 24 pin. cara mencetaknya dengan menembakkan jarum ke kertas sehingga membentuk tulisan dari titik titik. printer ini berkecepatan 500 cps ( character per second). untuk konektornya masih menggunakan paraller port
Cara Kerja:
jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second.
Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.
Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.

Printer Ink Jet : Printer yang menggunakan catridge yang didalamnya terdapat tinta hitam dan berwarna. Selain lebih tenang dan tidak bising dibandingkan dengan printer dot matriks, printer ink jet juga mempunyai kecepatan mencetak 2-4 lembar kertas per menit (ppm) atau lebih tinggi mencapai 270cps. Dapat dilengkapi tinta berwarna sehingga dapat menghasilkan grafik ataupun peta yang berwarna-warni dengan resolusi 300-600 dot per inch (dpi).
Pada saat ini printer ink jet sudah dilengkapi dengan peralatan atau fasilitas tambahan, misalnya mesin foto kopi, scanner, faks, atau lebih dikenal dengan jenis printer PSC (print, scanner, dan copy) atau printer PSCF (print, scanner, copy, dan fax).
Cara Kerja:
Printer ink jet ini bekerja dengan menyemprotkan tinta yang berada dalam catridge langsung ke atas permukaan halaman kertas, diatur dengan muatan listrik sehingga tinta yang mencetak pada kertas sesuai dengan huruf atau gambar yang telah ditentukan. menggunakan konektor usb.

Printer Laser Jet adalah printer yang menggunakan teknologi yang sama seperti mesin fotokopi , yaitu panas dan tekanan untuk mengikat toner ke permukaan halaman kertas. Printer laser jet juga mencetak hitam putih ataupun warna dan mempunyai resolusi antara 300-1.200 dpi atau lebih, serta memberikan kualitas yang lebih baik daripada printer dot matriks dan ink jet. Oleh karena itu, printer jenis ini banyak digunakan oleh perusahaan percetakan untuk membuat film cetakan.
Cara Kerja:
Saat informasi dikirimkan dari PC (komputer), printer mengubahnya menjadi data khusus yang siap ditulis oleh unit laser ke permukaan drum peka cahaya. Muatan di permukaan drum yang tercahayai laser akan berubah dari elektron positif ke elektron negatif.
Selanjutnya, drum akan berputar melewati bak toner dan menarik toner (muatan positif) sesuai pola yang ditulis oleh laser tadi. Saat melewati kertas dengan muatan negatif yang lebih kuat, toner yang semula berada di drum peka cahaya akan berpindah lagi ke permukaan kertas. Sisa muatan negatif pada drum peka elektron akan langsung dinetralkan oleh lampu penetral (corona) dan siap untuk ditulisi data berikutnya. Demikian seterusnya, sampai semua data tercetak dikertas.
Bubuk toner yang menempel di permukaan kertas dilelehkan oleh fuser dengan suhu tinggi agar menyatu dengan serat kertas. Sehingga tidak mengherankan jika semua dokumen yang baru saja tercetak dari printer laser akan terasa panas jika disentuh. Konsep kerja serupa juga berlaku di printer laser warna.
Cuma, jenis printer laser yang ini memiliki sejumlah drum peka cahaya, unit laser, lampu penetral, corona, dan toner lebih dari 1 buah, tergantung pada banyaknya warna yang didukung oleh printer tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nyuwun komentar... . .

za.IPAN's Blog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute